Gagal Ginjal Akut

gagalginjalakutGagal ginjal adalah hilangnya fungsi ginjal. Apabila hanya 10% dari ginjal yang berfungsi, pasien dikatakan sudah sampai pada penyakit ginjal end-stage renal disease (ESRD) atau penyakit ginjal tahap akhir. Awitan gagal ginjal mungkin akut, yaitu berkembang sangat cepat dalam beberapa jam atau dalam beberapa hari. Gagal ginjal juga dapat kronik, yaitu terjadi perlahan dan berkembang perlahan, mungkin dalam beberapa tahun. Gagal ginjal akut (acute renal failure, ARF) adalah penurunan fungsi ginjal tiba-tiba ditentukan dengan peningkatan kadar BUN dan kreatinin plasma. Haluaran urine dapat kurang dari 40 ml per jam (oliguria), tetapi mungkin juga jumlahnya normal atau kadang-kadang meningkat. ARF dibagi sesuai etiologinya, yaitu prerenal, intrarenal atau intrinsic, dan postrenal.

Sekitar 55-70% kasus ARF atau gagal ginjal akut mempunyai etiologi prerenal yang disebabkan oleh penurunan volume intravascular (hipolovemia), kurangnya curah jantung, atau gagal vascular akibat vasoliditas. Sekitar 25-40% kasus ARF mempunyai etiologi gagal intrarenal, gagal intrarenal disebabkan kerusakan jaringan ginjal, termasuk nekrosis tubular, nefrotoksisitas, dan perubahan sirkulasi darah ginjal. Gagal postrenal (sekitar 5%) disebabkan obstruksi urine diantara ginjal dan meatus uretra.

Sindrom gagal ginjal akut ini sering ditemukan lewat peningkatan kadar kreatinin, ureum serum, disertai dengan penurunan output urin. Gejala dari gagal ginjal akut termasuk hal-hal menjadi faktor pencetus (misalnya syok, sepsis) dan hal-hal yang merupakan akibat dari gagal ginjal itu sendiri seperti kelebihan cairan, mual, malaise, dan ensefalopati. Insidensi tahunan gagal ginjal akut dinegara-negara berkembang adalah 180 kasu/1.000.000. penyebab dari gagal ginjal akut secara konvensional dibagi menjadi prarenal, renal, dan pascarenal.

Prarenal
Ginjal membutuhkan tekanan perfusi yang adekuat agar bisa berfungsi secara normal. Hal ini tergantung dari tekanan darah sistemik yang harus mencakup tinggi dan kemampuan kontraksi dari arteriol aferen. Jika salah dsati dari hal ini terjadi, baik penurunan yang sangat rendah dari tekanan darah (peyebab tersering) atau dilatasi berlebih dari arteriol eferen, perfusi glomerulus akan menurun dan terjadi gagal ginjal. Gagal ginjal prarenal biasanya timbul pada pasien-pasien yang sakit berat. Ada beberapa gangguan sistemik yang sering menyebabkan  terjadinya hipoperfusi renal yang cukup berat sehingga terjadi gagal ginjal, seperti :

  1. Hipolovemia karena pendarahan, diare berat, atau muntah.
  2. Syok kardiogenik
  3. Sepsis

Renal
Banyak penyebab gagal ginjal merupakan penyakit yang menyerang ginjal itu sendiri. Hal-hal tersebut masuk glomerulonefritis, vaskulitis, obat-obatan yang berisfat nefrotoksik, rabdomiolisis, nefrtis, interstisial, sindrom hemolitik/uremik, dan myeloma.

Pascarenal
Obstruksi saluran kemih dapat muncul pada lokasi sepanjang saluran kemih dan menyebabkan gagal ginjal.

Harga XAMthone Plus

Obat Gagal Ginjal Herbal Alami

Harga 1 Botol XAMthone Plus isi 350mL = Rp.265.000,-

Cara Beli XAMthone Plus:

KETIK SMS: Pesan XAMThone Plus, Jumlah Botol, Nama dan Alamat Kirim Anda ( Untuk menentukan Ongkos Kirim Anda )

KIRIM SMS KE: 0852-1617-3280


=====================================

>>> Xamthone Plus Membantu Pengobatan Penyakit Ginjal, Lihat Testimoni Disini!
=====================================


This entry was posted in Penyakit Gagal Ginjal and tagged , , , , , . Bookmark the permalink.

Comments are closed.