Penyakit Gagal GInjal Akut dan Kronis

Penyakit Gagal Ginjal Akut dan KronisGinjal adalah salah satu organ vital di tubuh yang bisa berfungsi dalam membantu menyaring dan juga membantu mengeluarkan sisa dari metabolisme didalam tubuh yang mengandung racun atau juga mempunyai sifat racun, selain itu juga mengatur kadar bahan-bahan tertentu yang sangat dibutuhkan didalam tubuh, menyaring urin didalam darah, serta mengatur pH darah, serta mengatur keseimbangan dari ion mineral serta komposisi dari air serta elektrolit didalam darah, membantu mengatur tekanan darah, merangsang terjadinya pembentukan sel darah merah yang baru, dan juga mempertahankan pH plasma darah pada kisaran pH di 7,4.

Lalu bagaimana kondisi ginjal untuk mereka yang menderita sakit gagal ginjal? Ginjal pada mereka yang menderita penyakit gagal ginjal biasanya akan mengalami penurunan fungsi sampai akhirnya tidak bisa bekerja sama sekali. Dan untuk pengobatannya, maka hal yang harus dilakukan adalah kita harus mengenai jenis penyakit gagal ginjal yang dialami. Karena penyakit gagal ginjal terbagi menjadi dua jenis, yakni penyakit gagal ginjal akut dan kronis.

Penyakit Gagal Ginjal Akut dan Kronis

Penyakit Gagal Ginjal Akut dan Kronis

Penyakit Gagal Ginjal Akut dan Kronis

Perbedaan dari penyakit gagal ginjal akut dan kronis adalah :

  1. Penyakit gagal ginjal akut
    – Terjadinya penurunan aliran darah menuju ke ginjal. Hal ini disebabkan karena kehilangan darah, operasi, atau juga karena syok.
    – Adanya suatu obstruksi atau juga penyumbatan di sepanjang saluran kemih, misalnya adalah pada bagian batu ginjal.
    – Sindrom uremik hemolitik yang biasanya diakibatkan karena infeksi E. coli, gagal ginjal yang terjadi sebagai suatu akibat dari obstruksi struktur fungsional terkecil didalam organ ginjal.
    – menelan obat tertentu yang akan mengakibatkan terjadinya kerusakan ginjal
    – Glomelunefritis yakni adalah jenis penyakit ginjal yang melibatkan glomeruli. Dan selama glomerulonefritis, glomeruli ini menjadi meradang dan akan mengganggu kemampuan ginjal untuk bisa  menyaring urin.
    – setiap kondisi yang bisa mengganggu aliran oksigen di darah ke ginjal misalnya adalah serangan jantung
  2. Gagal Ginjal kronis
    – Obstruksi atau terjadinya penyumbatan yang berkepanjangan di saluran kemih
    – Sindrom alport atau terjadinya suatu kelainan yang bisa menyebabkan ketulian, kerusakan di ginjal progresif, dan juga cacat mata.
    – sindrom nefrotik, yakni adalah suatu kondisi yang mempunyai beberapa penyebab yang berbeda. Dan sindrom nefrotik yang biasannya ditandai dengan adanya kandungan protein didalam urin, kadar protein ini dalam darah rendah, dan kadar kolesterol tinggi, serta terjadinya pembengkakan jaringan.

Perbedaan penyakit gagal ginjal akut dan kronis berdasarkan gejala adalah untuk penderita penyakit gagal ginjal akut biasanya akan mengalami suatu penumpukan cairan atau juga ketidakseimbangan elektrolit, obstruksi di saluran kemih karena batu ginjal atau yang bisa menimbulkan nyeri pinggang, darah didalam urin, atau juga pengeluaran urin yang menurun, selain itu juga mengalami dehidtasi yang bisa menyebabkan rasa haus yang ekstrim, pusing kepala, dan bahkan pingsan, nadi cepat dan juga lemah.

Sedangkan untuk kasus penyakit gagal ginjal kronis biasanya baru muncul disaat fungsi ginjal masih sangat terganggu. Dan artinya adalah ginjal mempunyai suatu fungsi yang normal tetapi tersisa sedikit. Dan masalah lainnya yang kemudian bisa berkembang menjadi penyakit anemia, dan juga peningkatan fosfat didalam adarah, dan bersama dengan komplikasi yang diakibatkan karena penyakit gagal ginjal.

Jika penyakit gagal ginjal akut dan kronis sudah parah dan harus menjalani dialisis atau cuci darah, maka harus mengonsumsi beberapa makanan  seperti dibawah ini :

  1. Protein
    Cara mengobati penyakit gagal ginjal akut dan kronis dengan mengonsusmi makanan yang mengandung protein. Karena kebutuhan dari asupan protein bagi penderita penyakit gagal ginjal akut dan kronis mengalami peningkatan. Kebutuhan dari asupan protein yang jauh lebih tinggi pada pasien yang sedang menjalani dialisis. Anda bisa mengonsumsi jenis makanan seperti daging, telur, ikan susu, dan juga produk susu.
  2. Kalium
    Mereka yang menjalani hemodialisis juga harus menurunkan asupan makanan yang mengandung kalium serta mineral yang bisa menumpuk didalam tubuh sehingga akan menyebabkan masalah hiperkalemia. Dan di sisi yang lain, pasien yang sedang menjalani dialisis peritoneal harus bisa mendapatkan asupan kalium yang jaug lebih tinggi karena kadar kalium yag turun akibat dari prosedur dialisis ini.
  3. Cairan
    Fungsi dan kegunaan ginjal yang terganggu biasanya kaan menyebabkan kemampuan unutk bisa menyingkirkan kelebihan dari cairan didalam tubuh akan semakin menurun. Hal ini bisa menyebabkan retensi air yang akan meningkatkan tekanan darah sehingga asupan dari cairan harus dibatasi dengan baik. itulah mengapa, seorang pasien cuci darah diharuskan untuk membatasi asupan jus buah dan juga buah-buahan yang mengandung air tinggi misalnya seperti buah melon, anggur, dan lainnya.
  4. Natrium
    Makanan yang mengandung kandungan natrium biasanya akan memicu dari munculnya rasa haus sehingga akan mengakibatkan asupan cairan meningkat. Dan oleh sebab itulah, pasien dialisis sangat disarankan sekali mengurangi asupan makanan  dengan kandungan natrium didalamnya yakni seperti makanan asin, rempah, serta makanan yang diawetkan.

Itulah informasi mengenai perbedaan penyakit gagal ginjal akut dan kronis, semoga informasi ini bermanfaat untuk Anda semuanya. Terimakasih.

Penyakit Gagal Ginjal Akut dan Kronis

Harga XAMthone Plus

Obat Gagal Ginjal Herbal Alami

Harga 1 Botol XAMthone Plus isi 350mL = Rp.265.000,-

Cara Beli XAMthone Plus:

KETIK SMS: Pesan XAMThone Plus, Jumlah Botol, Nama dan Alamat Kirim Anda ( Untuk menentukan Ongkos Kirim Anda )

KIRIM SMS KE: 0852-1617-3280


=====================================

>>> Xamthone Plus Membantu Pengobatan Penyakit Ginjal, Lihat Testimoni Disini!
=====================================


This entry was posted in Penyakit Gagal Ginjal and tagged , , , , , , . Bookmark the permalink.

Comments are closed.